PERANAN SEORANG MANAJER DALAM ORGANISASI - UK Centre

Disini

Friday 19 February 2016

PERANAN SEORANG MANAJER DALAM ORGANISASI

PERANAN SEORANG MANAJER DALAM ORGANISASI  Berdasarkan definisi mengenai manajemen. maka manajer dapat dideskripsikan sebagai perenca, organ... thumbnail 1 summary
PERANAN SEORANG MANAJER DALAM ORGANISASI


Berdasarkan definisi mengenai manajemen. maka manajer dapat dideskripsikan sebagai perenca, organisator, pemimpin dan pengendali. akan teteapi setiap manajer sesungguhnya menjalankan peran-perran yang lebih luas lagi untuk menggerakan oraganisasi ke arah sasasran yang telah di tentukan.

DI bawah ini di jelaskan secara terperinci mengenai apa saja yang di kerjakan seorang manajer.

1.Manajer bekerja bersama dan melalui orang lain
istilah orang disini meliputi tidak hanya bawahan dan atasan tetapi juga manajer-manajer lain dalam organisasi, Di samping itu juga meliputi pihak-pihak luar organisasi seperti pelanggan, klien, pemasok, pejabat-pejabat pemerintah dan lain-lain. dengan demikian manajer dengan orang-orang pada berbagai tingkat, baik didalam maupun diluar organisasi nya yang dapat membantu tercapainya masalah.

2.Manajer sebagai saluran komunikasi
manajer dalam organisasi berkerja sama dengan semuany auntuk menciptakan sasaran-sasaran dan rencana untuk mencapainya, mereka juga bekerja sama untuk menyediakan informasi yang di perlukan untuk menjalankan tugas. Dengan demikian mereka seorang manajer  bertinfdak sebagai saluran komunikasi di dalam organisasi.

3.Manajer Bertanggung Jawab Atas Pekerjaannya Dan Pekerjaan Orang Lain
Manajer  bertanggung jawab untuk melihat apakah tugas-tugas telah di laksanakan dengan baik, ia biasanya dievaluasi atas dasar bagaimna tugas-tugas tersebut dicapai manajer juga bertanggung jawab atas tindakan-tindakan bawahanya, keberhasilan atau kegagalan bawahanya merupakan refleksi langsung keberhasilan atau kegagalan manaajer.

4.Manajer Menyeimbangkan Sasaran-sasaran yang Bermacam-macam dan Menetapkan Prioritas.
Pada setiap saat seorang manajer menghadapi bermacam-macam sasaran, persoalan dan kebutuhan yang bersaing untuk memperoleh perhatian darinya, karena adanya keterbatasan sumber daya, seorag manajer harus menyeimbangkan tuntutan-tuntutan yang berbeda. untuk itu di perlukan penetapan prioritas supaya waktu yang dimilikinya dapat digunakan secara efektif.

5.Manager Harus Berfikir Analistis dan Konseptual
Untuk menjadi pemikir yang analitis seorang manajer harus dapat memecah suatu persoalan menjadi komponen-komponen, menganalisis  dapat menghasilkan solusi  yang mungkin, seorang manajer juga harus dapat berfikir secara konseptual kaitan atara berbagai tugasnya.Berfikir mengenai hubungan suatu tugas tertentu dengan implikasi yang lebih luas bukanlah merupakan hal yang mudah, akan tetapi penting jika manajer bekerja ke arah sasaran organisasi secaran kebutuhan maupun sasaran menurut Individual.

No comments

Post a Comment

Author BOX